Monday, July 12, 2010

Tips Trik menjadi orang yang cermat dalam berfikir sebelum melakukan sesuatu


Versi : Saya Sendiri

-          Kendalikan Nafsu anda dan berfikirlah dengan akal sehat,Contoh Nafsu Versi saya sendiri :

è Egoisme

è Fanatik

è Idealis

è Birahi

è Jiwa

è Rasa

-          Menganalisis sesuatu yang anda pikirkan dengan mempertimbangkan Resiko yang akan menimpa anda.

 

-          Jangan berandai – andai tentang apa yang anda pikirkan dan ingin anda lakukan,karena itu bagian dari nafsu jiwa yang akan membawa anda dalam resiko besar secara tidak langsung.

 

 

-          Anda harus mencoba belajar mawas diri untuk sesuatu yang akan anda lakukan,dan yang terpenting anda harus punya timbal balik atas sesuatu yang akan anda lakukan,karena kalau tidak anda akan terbawa dalam Nafsu Egoisme.

 

-          Percaya diri itu boleh asalkan jangan berlebihan,karena jikalau berlebihan anda termasuk tipe yang idealis.

 

-          Jangan berfikir satu pandangan, dan cobalah berfikir lebih dari satu pandangan (Kiri –kanan, Hitam – Putih, atas – bawah,depan belakang ,dll). Itu akan membuat pikiran anda lebih terbuka dan tidak memakai nafsu.

 

-          Jika yang diatas sudah tercapai, Coba mulai kurangi semua nafsu yang anda miliki dengan menimbang berapa nafsu dan pikiran yang anda pakai untuk melakukan sesuatu.

 

-          Tak bisa dipungkiri Karena semua mahluk hidup mempunyai nafsu ,anda harus menjatah berapa persen nafsu yang anda gunakan dan berapa persen pikiran yang anda gunakan,contoh : (Nafsu 20%), (Akal 80%).

 

Jika Semua sudah tercapai saya yakin anda akan menjadi orang yang cermat sebelum melakukan sesuatu dengan mempertimbangkan segala aspek yang ada, walaupun saya sendiri juga masih susah untuk mengendalikan nafsu yang besar dibanding berfikir dengan akal sehat,tetapi saat ini perkembangan saya lumayanlah mulai ada peningkatan untuk cermat dalam berfikir.

wassalam

No comments:

Post a Comment