Monday, July 19, 2010

Berapa sih Penghasilan Seorang Blogger Profesional?


dollarMungkin kamu sudah mengunjungi beberapa blog pribadi dari rekan-rekanblogger profesional Indonesia. Beberapa dari mereka kadang menuliskan nominal pendapatan mereka di sana. Dari yang sejuta dua juta sampai yang puluhan bahkan ratusan juta perbulan. Sebagian bahkan mencantumkan bukti berupa payment printout entah itu dari akun Paypal, cek dari Google atau dari buku rekening bank. Informasi tentang pendapatan para blogger profesional bisa jadi membuat kamu tercengang mengingat pekerjaan blogging dilakukan bahkanTANPA KELUAR KAMAR!

Informasi itu mereka beberkan tentunya bukan tanpa maksud. Para blogger profesional itu ingin menunjukkan eksistensi blogger kepada masyarakat luas. Bahwa ada sebuah pekerjaan yang tidak membutuhkan modal besar, namun dengan ketekunan dan kesabaran akan mampu menghasilkan pendapatan yang tidak bisa dibilang rendah. Mengingat masyarakat kita masih awam tentang profesi blogger. Masyarakat kita masih menganggap pekerjaan ini tidak nyata dan hanya buang-buang waktu saja.

Buruknya, beberapa pihak malah berpikiran negatif terhadap informasi itu. Mereka menganggap para blogger itu sombong dan pongah dengan mengumbar kekayaan mereka. Inilah jeleknya mental sebagian masyarakat kita yang cenderung menilai segala sesuatu dari sisi negatif saja. Tak sedikit pun terbersit pikiran bahwa informasi itu sangat berharga untuk memotivasi mereka mengikuti jejak para blogger sukses itu.

Pada prinsipnya, seperti halnya pelaku bisnis pada umumnya, pendapatan seorang blogger tidak bisa dikategorikan sebagai penghasilan tetap. Tidak ada istilah “pendapatan per bulan” dalam dunia blogging. Blogger bukan karyawan, maka dari itu pendapatan sangat fluktuatif.

Bagi sebagian orang tentu berpikir, “Oh, fluktuatif ya? Artinya bisa turun lagi dong?”. Tidak salah orang berpikir begitu. Tapi kenapa mereka tidak berpikir, “Oh fluktuatif ya? Artinya bisa naik terus dong?”

Tidak ada batas. Seorang blogger memiliki hak penuh terhadap langkahnya sendiri. Bahkan mau blogging di jalan halal atau haram, kamu harus memilih sendiri. Begitu pun dengan penghasilan. Semakin cerdas dan keras kamu bekerja, ditambah doa yang nda putus-putus, maka penghasilan kamu semakin lama akan semakin besar. Jadi kamu bisa mengontrol pendapatan kamu sendiri dan menentukan kapan mesti “naik gaji”. Walaupun pada kenyataannya, ketika kamu telah berusaha keras, “gaji” kamu cenderung sulit turun.

Jadi, potensi pendapatan seorang blogger adalah tak terhingga. Semua tergantung dari kerja keras kamu. Tidak ada bedanya dengan bisnis lainnya,blogging juga butuh kerja keras. Dan blogging juga menjanjikan kesuksesan yang sama.

So, be positive and start blogging!

No comments:

Post a Comment