Monday, July 19, 2010

Blogger Profesional Tidak Berarti Jagoan Ngeblog

Saya tertarik untuk membahas istilah ‘blogger profesional’. Profesi yang selalu saya banggakan. Ini terkait dengan makna kata ‘profesional’ yang mengalami distorsi.

Ternyata bagi masyarakat luas, bahkan termasuk banyak blogger juga, makna kata ‘blogger profesional’ itu sama dengan ‘blogger jago’ atau ‘pakarnya blogging’. Jadi ketika saya datang kepada mereka dan mereka menanyakan apa profesi saya sehari-hari dan saya menjawab dengan menyebut kata ‘blogger profesional’, maka kebanyakan dari mereka bakal beranggapan, “Wah Ping, kamu ini pasti sakti mandraguna soal blogging. Kamu pasti bisa ngeblog sambil jalan di atas tali, kan?”

Berlebihan sekali. Memangnya saya ini pemain sirkus?blogger_profesional

Padahal definisi ‘blogger profesional’ sebenarnya sangat sederhana : orang yang dapat penghasilan lewat ngeblog. Simpel sekali.

Blogger profesional tidak harus dianggap sebagai seorang blogger yang super dalam segala aspek di internet. Blogger profesional hanyalah orang yang menggunakan blognya untuk membeli nasi buat dimakan. Sangat simpel dan sederhana. Nda usah lebay dong beibeh…

Mereka tidak tahu kalo saya sangat goblok dengan yang namanya Javascript, HTML dan kawan-kawannya yang sudah berkali-kali bikin kepala saya copot. Saya juga selalu ketinggalan informasi seputar metode-metode SEO terbaru. Ya wajarlah, saya ngeblog kan cuma buat beli nasi untuk orang-orang di rumah. Namanya juga blogger profesional. Please deh, masyarakat luas!

Tapi untuk mengubah makna sebuah kata yang sudah distorsi di tengah masyarakat bukanlah pekerjaan mudah dan kayaknya bakal sia-sia saja. Mungkin peribahasa yang cocok adalah ‘Bagai menegakkan benang basah’. Tapi berhubung distorsi maknanya sudah cukup kompleks maka peribahasa juga jadi kacau : ‘Sedang menegakkan benang basah,  eeeehhhh tertimpa tangga pula!’

Akhirnya saya cuma bisa berpesan kepada masyarakat luas tadi itu. Tolong biasa sajalah. Istilah blogger profesional bukan melambangkan kehebatan seorang blogger tapi hanya menjelaskan tentang apa pekerjaan dia di muka bumi ini. Kebetulan kerjanya ya itu saja : blogging.

Dan untuk rekan-rekan blogger yang sudah sanggup beli nasi dari hasil blogging, jangan pernah malu menyebut kata blogger profesional sebagai pekerjaan kita. Nda usah minder kalo dibilang jago. Yang jago ngeblog cuma Google kok! Hahahaha…

Peace.

No comments:

Post a Comment