Friday, July 2, 2010

PERKEMBANGAN TELETEXT


III.1 TELETEXT
Teletext boleh disebut sebagai cikal bakal kebutuhan orang pada informasi yang lebih luas di TV. Pada Teletext kita bisa mendapatkan informasi yang disediakan oleh stasiun TV, dari daftar acara TV hingga jadwal penerbangan. Teletext kini menjadi kuno dan kurang memenuhi kebutuhan informasi yang semakin luas saja setelah layanan internet melalui PC tergelar di seluruh dunia.
Apalagi juga kini sudah tersedia layanan Pay TV yang lebih interaktif seperti yang ditawarkan oleh TV satelit atau TV multikanal yang ditransmisikan lewat jaringan kabel atau pemancar gelombang mikro. WebTV memang tidak bisa disebut telah menjadikan pesawat TV lebih interaktif, tetapi hanya memfungsikan pesawat TV menjadi monitor bagi set-top box yang menjadi alat untuk mengakses internet. Akhir 1996 lalu WebTV telah menghapus anggapan itu. Akses ke jaringan informasi global telah menjadi semudah mengoperasikan VCR.
Teleteks adalah suatu sistem distribusi informasi tulisan (teks) dari stasiun pemancar TV ke pemirsa. Informasi itu dipancarkan bersama informasi TV (gambar dan suara) melalui channel atau saluran yang sama, baik dengan menggunakan modulasi analog maupun digital. Bentuk yang dihasilkan teleteks hampir sama dengan teleks atau telecopier facsimile. Kedua teknologi tersebut menyampaikan tulisan dalam waktu singkat dari satu tempat ke tempat lain. Bedanya, teletext tidak khusus mengirim ke alamat tertentu, tetapi ke semua pemirsa TV yang pesawatnya memiliki fasilitas teletext.

 

 

III.2. Bagaimana Menggunakan Teletext

Berikut adalah petunjuk bagaimana menggunkan teletext pada pesawat televisi sebagai berikut:

1. tvnz-teletext.jpg

If you have a television with Teletext you can get TVNZ Teletext news and information 24 hours a day, seven days a week. 
Check your TV manual to see if your TV is able to get Teletext

2. tvmanual.jpg

3.

Text Button
Press the text button and page 100 will appear on screen. 
This is the homepage for TVNZ Teletext

textsymb.jpg

texthand1.jpgPage Number Buttons
Each TVNZ Teletext page has a special three-digit page number. For example 501- Deaf Newsletter. Find the page you want by pressing the three-digit page number with the channel buttons on your remote control.
For example:
Press 5
Then press 0

Then press 1

textupdn.jpg

texthdex.jpg

teletexb.jpgSelect Subpages (if available)
When a TVNZ Teletext page has different subpages, a list of all the subpages appears on the screen. Press the cursor right or left to select the next or previous subpage
.

pagea.jpg

newsindx.jpg101 NewsIndesporindx.jpg102 Sport Indexweatindx.jpg103 Weather Index

104 TV Index
tvindx.jpg
businews1.jpg105 Business Index

Newsreel
You can watch a slideshow of news stories without having to use your remote. 
• page 550 is the newsreel for international stories
• page 551 has national news 
• page 552 has sports news

pageb.jpg

azindx.jpg109 A-Z Indexlifeindx.jpg500Lifestyle Index

600 Tabtext

tabindx.jpg

Daily News

newsindx.jpg natnews.jpg
sporindx.jpg

pagec.jpgpaged.jpgpagef.jpgpagee.jpg

No comments:

Post a Comment