Saturday, June 26, 2010

Cokelat Dapat Membantu Mencegah Stroke



Satu alasan lagi bertambah mengapa kita harus menggemari makan coklat? Ya...sekarang para ilmuwan telah menemukan bahwa satu batang coklat setiap minggunya dapat mencegah stroke menyerang anda.

Sebuah survey penelitian terhadap hampir 50.000 orang menemukan bahwa mereka yang makan cokelat 22 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stroke daripada yang tidak.

Dan orang-orang yang menderita stroke tapi telah rutin mengkonsumsi cokelat didapati 46 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mati akibat stroke.

Alasannya diyakini bahwa coklat adalah makanan kaya flavanoids, yang sehat anti oksidasi, walaupun hanya para peneliti di Universitas Toronto yang tertarik untuk melakukan riset tambahan tentang pengaruh coklat terhadap stroke.

Sarah Sahib, penulis studi dari University of Toronto di Kanada, berkata: "Lebih banyak penelitian diperlukan untuk menentukan apakah coklat benar-benar menurunkan risiko stroke, atau apakah hanya orang sehat lebih mungkin untuk makan cokelat daripada yang lain."

Dia bekerja bersama koleganya Dr Gustavo Saposnik dan mereka menemukan bahwa 44.489 orang yang makan cokelat satu porsi per minggu adalah 22 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stroke daripada orang yang tidak makan cokelat.

Studi kedua menemukan bahwa 1.169 orang yang makan 50 gram cokelat sekali seminggu itu 46 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mati akibat stroke daripada orang-orang yang tidak makan cokelat.
Para peneliti hanya menemukan satu tambahan studi yang relevan dalam pencarian mereka semua penelitian yang tersedia. Studi tersebut tidak menemukan hubungan antara makan coklat dan risiko stroke atau kematian.

Namun, Dr Saposnik memperingatkan: "Makan terlalu banyak coklat dapat membuat Anda gemuk seperti coklat juga mengandung lemak jenuh.

"Penyelidikan lebih lanjut perlu dilakukan. Kita perlu mempelajari konsumsi cokelat tertentu."

No comments:

Post a Comment